HEADLINE NEWS

TOPIK POPULER

4 Tahun Memerintah, Adirozal Bangun Fasilitas Umum, No 4 Mencengangkan

Kerinci, - 3 Maret 2018 bulan depan, Adirozal genap memimpin Kabupaten Kerinci selama 4 tahun terhitung pelantikan bupati dan wakil bupati Kerinci sejak 3 Maret 2014. Secara bertahap pembangunan infrastruktur sudah jauh lebih baik. Jalan Nasional, jalan provinsi dan jalan Kabupaten sudah banyak yang mulus.
Jalan Nasional :
Setelah dinaikannya status ruas jalan strategis Nasinal menjadi  jalan Nasional di era Bupati Adirozal, jalan Nasional Kerinci – Jambi sudah mulus. Jalan Nasional Kerinci – Jambi yang sudah mulus itu mulai Hiang-Sebukar-Danau Kerinci-Batang Merangin-Muara Imat. Demikian juga jalan Nasional, batas Kerinci-Sungaipenuh – Semurup- Siulak-Kayu Aro sudah jauh lebih baik.
Jalan Provinsi :
Jalan Provinsi di Kabupaten Kerinci saat ini sudah jauh lebih baik. Terutama jalan Provinsi di Kecamatan Keliling Danau, mulai Pulau Tengah hingga Semerap sudah dilakukan pengecoran jalan, tahun ini jalan beton itu kembali dilanjutkan oleh Pemprov Jambi hingga batas Kota Sungai Penuh (Tanjung Pauh – Kumun). Demikian juga jalan Provinsi Jujun – Gunung Raya juga dilanjutkan pengecoran beton.
Jalan Kabupaten :
Jalan yang menghubungkan antar kecamatan di Kabupaten Kerinci sudah banyak yang mulus.
Transportasi Udara :
Transportasi udara di Kabupaten Kerinci sudah mulai lancar. Sejak Adirozal, setiap hari pesawat Wings Air (lion Grup) dengan kapasitas 72 penumpang mendarat di bandara depati parbo. Pesawat itu menempuh rute Jambi – Bungo – Kerinci, Kerinci – Jambi. Direncanakan dalam waktu dekat, maskapai Garuda Indonesia juga mendarat setiap hari di Bandara depati parbo. Pesawat itu direncakan akan menempuh rute, Padang – Kerinci – Bengkulu, Bengkulu- Kerinci-Padang. Selain itu, pesawat susi air juga rutin mendarat di bandara depati parbo setiap dua kali seminggu, dengan rute Kerinci – Jambi.
Transportasi udara diera Adirozal mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat. Bahkan, president Jokowidodo secara langsung memerintahkan supaya bandara depati parbo diperlebar.
“Alhamdulillah, transportasi darat (jalan) dan udara sudah bagus. Bagusnya transportasi darat dan udara, maka pariwisata kita akan terus berkembang. Perbaikan infrastruktur darat (jalan) dan udara adalah langkah awal kita membuat pariwisata akan berkembang pesat. Secara prinsip, pariwisata tidak akan maju apabila jalannya tidak bagus,” terang Adirozal


Menurut dia, upaya untuk memuluskan jalan di Kerinci terus dilakukannya. Bahkan, kedepan dirinya akan berjuang kembali kepada pemprov Jambi dan pusat untuk menaikan status jalan di Kerinci.
“Setelah status jalan Provinsi menjadi jalan Nasional, jalan Kerinci – Jambi sudah bagus, Kerinci – Kayu Aro sudah mulai bagus. Kedepan saya akan berupaya menaikan status jalan Provinsi yang ada di Kerinci menjadi jalan Nasional, jalan Kabupaten akan kita upayakan menjadi jalan Provinsi,” terangnya
“Apabila sudah naik statusnya, jalan provinsi yang kini bisa dikerjakan melalui APBN. Jalan Kabupaten Kerinci yang  akan kita naikan statusnya itu dikerjakan oleh Pemprov Jambi. Sedangkan, untuk jalan Kabupaten yang ada bisa kita kerjakan dengan APBD Kerinci yang tersedia. Kalau tidak begitu, tentu kita akan kesulitan membangun, karena dana APBD kita amat terbatas,” tegasnya
Julitri warga Kerinci yang merantau di Bogor kini mengaku senang pulang ke Kerinci. Sebab, saat ini jalan Jambi-Kerinci atau Padang – Kerinci sudah bagus. Demikian juga transportasi udara juga sudah lancar.
“Saat ini saya seringlah pulang ke Kerinci. Bogor – Kerinci sekarang sudah terasa dekat. Pesawat ke Kerinci sekarang sudah rutin tiap hari, Jakarta – Kerinci sekarang sudah bisa ditempuh selama 2 jam,” terangnya
Demikian juga jalannya juga sudah bagus. “Dahulu kalau kita dari Jambi ke Kerinci mikir – mikir dua kali. Duh jalannya jelek sekali. Tapi sekarang jalannya sudah mulus,” terangnya
Demikian juga jalan – jalan yang menghubungkan antar kecamatan. “Untuk jalan yang menghubungkan kecamatan sudah mulus sekarang ini. Jauh dibandingkan dengan sebelum ini,” katanya. (tim) 


sumber:kayonews

Previous
« Prev Post
Show comments

Contact Form

Name

Email *

Message *