HEADLINE NEWS

TOPIK POPULER

Ratusan Kader PKK Desa, Nampak Semangat Ikuti Workshop "Peningkatan Kapasitas Kader Posbindu, Cegah Penyakit Tidak Menular"

Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Elisabeth, nampak memberikan materi dalam workshop "Peningkatan Kapasitas Kader Posbindu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Se Kabupaten Pemalang, Cegah Penyakit Tidak Menular", di The Winner Convention Center, (25/11).

Pemalang, - Bertempat di The Winner Convention Center, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Ratusan Kader Posbindu tingkat Desa se Kabupaten Pemalang, ikuti workshop Peningkatan Kapasitas Kader Cegah Penyakit Tidak Menular (PTM.red). Para kader posbindu yang mewakili Desa di 14 Kecamatan ini, diberikan pembekalan tentang Pencegahan Penyakit Tidak Menular yang ada di lingkungan warga masyarakat. Termasuk tata cara penanganan yang dilakukan apabila ditemukan kasus tersebut.

Sejauh mata memandang, penyakit dibagi 2 macam, yakni penyakit menular, dan penyakit tidak menular. Penyakit menular seperti HIV AIDS dan Flu, sedangkan penyakit tidak menular seperti Jantung, Paru-Paru, hingga Sakit Kepala.

Menurut perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Elisabeth, ketika ditanya mengenai hal tersebut, dirinya ingin mengajak seluruh lapisan warga masyarakat untuk selalu hidup sehat, agar warga tidak rawan terserang penyakit, baik itu penyakit menular dan penyakit tidak menular.

"Penyakit itu ada 2 macam, yakni penyakit menular dan penyakit tidak menular. Untuk itulah kami ingin para kader ini dapat menjadi ujung tombak Pemerintah agar warga masyarakat bisa menerapkan gaya hidup sehat. Dengan demikian tidak mudah terserang penyakit", ungkapnya.

Sementara itu, dikatakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang, Irna Setiawati Junaidi, SE.,MM., pihaknya ingin mewujudkan masyarakat Kabupaten Pemalang yang prima, kuat, dan tidak mudah terkena penyakit. Terlebih untuk mensukseskan visi misi Bupatu Pemalang yakni Pemalang Sehat, Cerdas, Berdaya Saing, Berakhlak Mulia.

"Visi Misi Bupati Pemalang yakni Pemalang Sehat, Cerdas, Berdaya Saing, Berakhlak Mulia. Sudah tentu kami ingin mengurangi tingkat warga masyarakat yang rawan penyakit, menjadi prima. Tanpa kesehatan yang prima, tak akan mungkin bisa mewujudkan visi misi Bupati Pemalang tersebut," katanya.

Para peserta workshop perwakilan desa tiap kecamatan ini juga dibekali tentang tata cara pengurusan berkas yang nantinya digunakan untuk tindak lanjut penanganan pasien yang terkena penyakit menular maupun tidak menular. (Dentang)

Previous
« Prev Post
Show comments

Contact Form

Name

Email *

Message *